Memahami Perbedaan Tumbler Grafir Laser dan Print UV!

5. Tumbler Grafir Laser

Loading

Tumbler grafir laser dan print UV sering dimanfaatkan sebagai souvenir event yang berkelas. Biasanya, souvenir ini dimanfaatkan dalam acara seminar untuk diberikan kepada peserta sebagai kenang-kenangan. Hanya saja, masyarakat secara umum tidak memahami perbedaan kedua jenis tumbler custom tersebut. Untuk itu, perhatikanlah perbedaan di antara kedua istilah tersebut.

Apa itu grafir tumbler?

Grafir tumbler adalah proses pencetakan pada tumbler dengan memanfaatkan mesin laser. Teknik ini adalah salah satu teknik cetak souvenir yang familiar digunakan. Tidak hanya berlaku pada tumbler, pencetakan dengan mesin laser dapat dilakukan pada bahan kayu hingga stainless steel. Hasilnya tampak seperti ukiran sehingga tanda atau marking yang dihasilkan lebih awet daripada dengan teknik print.

Perbedaan tumbler grafir laser dan print UV

Seperti penjelasan sebelumnya, tumbler grafir laser memanfaatkan mesin laser untuk membubuhkan marking. Keunggulan pencetakan dengan teknik ini adalah dapat dimanfaatkan untuk berbagai permukaan bahan. Di samping itu, desain yang dicetak dengan grafir lebih awet karena tidak mudah luntur. Harganya pun cenderung lebih terjangkau. Namun, warna yang dihasilkan hanya satu warna, yaitu silver.

Sementara itu, teknik print UV memanfaatkan sinar ultraviolet atau yang disingkat dengan UV untuk mengeringkan tinta pada permukaan yang diprint. Tentu saja, tinta yang digunakan adalah tinta khusus yang dapat menempel di permukaan tumbler. Kelebihan teknik ini adalah desain yang dihasilkan dapat sama persis, dari mulai bentuk hingga warnanya. Hanya saja, tumbler dengan print UV cenderung mudah luntur dan lebih mahal.

Pemanfaatan tumbler marking custom untuk souvenir

Tumbler marking custom tentunya dibuat dengan desain sesuai dengan kebutuhan. Karena itulah, tumbler ini dapat dimanfaatkan untuk souvenir berbagai keperluan. Misalnya saja, perusahaan dapat menggunakannya untuk media promosi yang diberikan kepada masyarakat luas. Perusahaan dapat memberi marking berupa logo dan nama perusahaan sehingga dapat mendukung branding yang dilakukan.

Tidak sekadar menunjukkan identitas perusahaan, tumbler grafir laser pun rasanya lebih ramah lingkungan daripada jenis souvenir promosi lainnya. Hal ini karena tumbler dapat mengurangi penumpukan sampah, terutama gelas dan botol kemasan air mineral. Di sisi lain, tumbler juga mendukung gaya hidup sehat kepada masyarakat umum. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan tumbler sebagai souvenir perusahaan Anda, bukan?