7 Tips Merawat dan Mencuci Botol Tumbler agar Tetap Bersih

Mencuci Botol Tumbler agar Tetap Bersih

Loading

Tips Merawat dan Mencuci Botol Tumbler – Botol tumbler saat ini menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, saat ini banyak yang sudah sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menggunakan tumbler sebagai botol minuman, sampah plastik, terutama sampah gelas dan botol plastik minuman dapat berkurang.

Jenis Botol Tumbler Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Botol tumbler memiliki banyak jenisnya sehingga masyarakat tidak kebingungan untuk memilih. Jenis botol tumbler dapat dibedakan berdasarkan bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Berikut ini adalah beberapa jenis tumbler yang bisa dijadikan pilihan.

Botol Tumbler

  1. Tumbler Plastik – Jenis tumbler ini sudah sering dijumpai oleh masyarakat. Bentuknya pun bermacam-macam. Selain bentuknya yang beragam, warna serta ukurannya pun banyak. Alasan lain jenis tumbler ini disukai karena ringan dibawa. Tumbler ini cocok dibawa untuk ke mana pun dan dalam acara apapun.
  2. Tumbler Logam – Beberapa jenis logam dapat dijadikan sebagai bahan pembuat tumbler. Logam yang sering dibuat menjadi tumbler adalah alumunium dan stainless steel. Tumbler logam memiliki keunggulan berupa dapat menyimpan air hangat atau panas. Namun, untuk tumbler aluminium akan ikut panas jika digunakan untuk menyimpan air panas. 
  3. Tumbler Keramik – Tumbler dari keramik memiliki tampilan yang elegan. Hanya saja, kita perlu hati-hati dalam menggunakannya karena mudah pecah. Jenis tumbler ini lebih cocok digunakan sebagai tempat minum yang disimpan di kantor. Tumbler jenis ini tidak cocok untuk dibawa ke mana-mana karena berat.
  4. Tumbler Kaca – Sama seperti tumbler keramik, tumbler kaca terasa berat ketika dibawa. Selain itu, tumbler kaca juga mudah pecah jika terbentur atau terjatuh. Namun, tumbler ini bisa untuk menyimpan minuman dingin atau panas. 

Tips Merawat dan Mencuci Botol Tumbler

Kita sudah menyimak jenis-jenis tumbler berdasarkan bahan pembuatnya. Agar tumbler awet dan tetap terlihat bersih, kita harus merawat dan mencucinya dengan rutin. Berikut ini tips merawat dan mencuci botol tumbler yang bisa diterapkan.

botol tumber

  • Perhatikan alat yang digunakan – Membersihkan tumbler bisa menggunakan beberapa alat. Namun, kita harus memperhatikan alat yang digunakan agar tidak menggores tumbler. Kita bisa menggunakan spon untuk bagian luarnya. Untuk bagian dalamnya, kita bisa menggunakan sikat khusus untuk menjangkau seluruh bagian. Sikat gigi bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan tumbler.
  • Mencuci secara rutin – Tumbler meskipun hanya digunakan untuk menyimpan air mineral harus tetap dibersihkan secara rutin. Apalagi jika tumbler digunakan untuk menyimpan minuman berperasa dan berwarna. Jika tidak dibersihkan secara rutin, tumbler akan kusam dan bau. 
  • Mencuci dengan bahan yang aman – Dalam mencuci tumbler sebaiknya kita pilih bahan-bahan yang aman. Pasalnya, tumbler akan kita gunakan untuk air yang dikonsumsi. Kita bisa membeli sabun khusus mencuci piring atau menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mencuci tumbler.
    1. Air hangat dan sabun – Mencuci tumbler dapat dilakukan dengan menuangkan air hangat ke dalamnya. Kemudian, ditambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Lalu, tumbler dikocok beberapa kali. Jika terasa masih kurang bersih, kita bisa memanfaatkan bantuan sikat khusus untuk membersihkan tumbler yang dijual di pasaran. Kemudian, kita bisa tumbler hingga bersih dan tidak berbau sabun lagi.
    2. Cairan cuka – Cairan cuka biasanya dimanfaatkan untuk keperluan memasak. Salah satunya untuk membuat acar. Namun, cairan cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan tumbler, khususnya dari kuman. Cairan cuka ditambahkan dengan air dingin kemudian dimasukkan ke dalam tumbler dan didiamkan selama satu malam. Cara ini sebaiknya dilakukan setelah tumbler dicuci dengan air hangat dan sabun.
    3. Garam – Ada lagi bumbu masakan yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan tumbler, garam. Cara mencuci tumbler dengan garam juga mudah dilakukan. Kita cukup mencampur satu sendok garam dengan air hangat. Kemudian, kita kocok-kocok sampai tumbler bersih. Langkah tersebut bisa dilakukan secara berulang kali agar mendapatkan hasil maksimal.
    4. Baking soda – Baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tumbler. Caranya pun sangat mudah dilakukan kita tuangkan baking soda ke dalam tumbler lalu ditambahkan air hangat. Kita tunggu semalaman baru kita bilas. Tumbler sudah bisa digunakan kembali.

Itulah beberapa tips merawat dan mencuci botol tumbler agar lebih awet dan tetap bersih. 

Jika Anda memerlukan botol tumbler berkualitas untuk souvenir perusahaan, Anda bisa memesannya di Gifterindo. Pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi customer service kami. Pastikan Anda mendapatkan souvenir sesuai keinginan Anda.