Flashdisk

Jenis Flashdisk Berdasarkan 3 Kategori yang Berbeda

Jenis flashdisk untuk souvenir perusahaan

 14 dilihat

Jenis Flashdisk Berdasarkan 3 Kategori yang BerbedaFlashdisk merupakan media penyimpanan berbagai jenis file. Perangkat ini awalnya ditemukan oleh ilmuwan Jepang bernama Fujio Masuoka. Fujio menemukan flashdisk ketika masih bekerja pada perusahaan Toshiba. Penemuan tersebut terjadi pada sekitar awal tahun 1980.

Meski penemunya adalah orang Jepang, tetapi perusahaan pertama yang memiliki hak paten atas pembuatan flashdisk adalah M-System dari Israel. Hak paten tersebut didapat pada tahun 1999. Setelah itu, IBM dari Amerika Serikat juga muncul dengan penemuan tentang flashdisk.

Dari waktu ke waktu, flashdisk mengalami perkembangan. Perkembangan terjadi pada kecepatan flashdisk dan kapasitas penyimpanan. Pada tahun 2020, kecepatan transfer pada flashdisk hanya mencapai 480 Mbit/s. Seiring berjalannya waktu, kecepatan flashdisk dapat mencapai 530 MB/s. Untuk kapasitasnya, flashdisk sekarang bisa menyimpan data hingga 2TB.

Jenis Flashdisk Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Flashdisk dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan kapasitas penyimpanannya. Flashdisk dengan kapasitas penyimpanan terkecil adalah 256 MB. Sementara itu, flashdisk dengan kapasitas penyimpanan terbesar adalah 2TB. Selain itu, ada flashdisk ukuran 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan masih banyak lagi.

Jenis Flashdisk Berdasarkan Tampilannya

Berdasarkan tampilannya flashdisk juga memiliki beberapa variasi. Berikut ini adalah beberapa jenis flashdisk berdasarkan tampilannya.

  • Flashdisk Standar berupa flashdisk dengan tutup. Jenis flashdisk ini pun berkembang, ada yang hanya berupa lempengan flashdisk tanpa tutup.
  • Flashdisk Gantungan Kunci, sesuai namanya, dapat difungsikan juga sebagai gantungan kunci. Flashdisk diberi pengait yang bisa digantungkan pada kunci.
  • Flashdisk Kartu bentuk dan bahannya menyerupai kartu atm. Rangka flashdisk dibuat tipis di salah satu bagian kartu.
  • Flashdisk Gelang dapat difungsikan menjadi aksesori. Biasanya, flashdisk gelang terbuat dari bahan karet dan berwarna-warni.
  • Flashdisk Karakter dibuat sesuai dengan karakter tertentu. Misalnya, karakter kartun, mobil, dan masih banyak lagi.

Jenis Flashdisk Berdasarkan Bahan Rangkanya

Selain berdasarkan kapasitas penyimpanan dan tampilan, flashdisk dapat juga dibedakan berdasarkan bahan rangkanya. Berikut ini adalah beberapa jenis flashdisk berdasarkan bahan rangkanya.

  • Flashdisk Metal memiliki penampilan elegan. Selain itu, flashdisk metal juga lebih kokoh seperti halnya sifat alami metal.

Jenis Flashdisk Metal Jepit

  • Flashdisk Kayu memiliki penampilan yang klasik dan menarik. Flashdisk kayu juga bisa difungsikan sebagai gantungan kunci.

FDWD20 Flashdisk Kayu

  • Flashdisk Plastik dapat memiliki berbagai wujud. Sebab, plastik mudah untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk.

FDPSC25 Flashdisk Plastik Dadu

  • Flashdik Karet, pada umumnya, berupa flashdisk gelang. Dengan dijadikan gelang, flashdisk juga bisa menjadi aksesori yang menarik.

FDBR02 Flashdisk Karet Custom Gelang

Cara Merawat Flashdisk

Agar flashdisk dapat awet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah cara merawat flashdisk agar awet dan tahan lama.

  1. Bisakan eject selesai digunakan. Setelah selesai menggunakan flashdisk di komputer, jangan langsung dicabut. Sebaiknya, di-eject terlebih dahulu. Dengan tidak meng-eject flashdisk, sistem pada flashdisk dapat rusak.
  2. Menjauhka/n dari benda elektronik lain. Jangan meletakkan flashdisk di dekat benda-benda elektronik. Benda-benda elektronik mengandung medan magnet kuat yang dapat mengganggu fungsi flashdisk.
  3. Selesai digunakan selalu ditutup. Setelah selesai menggunakan flashdisk, sebaiknya langsung ditutup agar tidak terkena kotoran dan debu. Jika socket flashdisk kotor, dapat menyebabkan proses baca di komputer gagal.
  4. Scan flashdisk secara berkala. Terkadang, flashdisk digunakan ke beberapa komputer sekaligus. Untuk itu, sebaiknya flashdisk di-scan secara berkala untuk menghindari virus.
  5. Hindari terkena air dan benturan. Jika terkena air, tentu saja flashdisk dapat langsung rusak seperti halnya benda elektronik lainnya. Selain itu, benturan keras juga dapat merusak flashdisk.

Flashdisk sebagai Souvenir Perusahaan

Flashdisk dapat dijadikan sebagai souvenir perusahaan. Untuk dijadikan souvenir perusahaan, flashdisk perlu dicetak nama dan logo perusahaan. Souvenir perusahaan berupa flashdisk bisa dijadikan media promosi.

Jika Anda mencari flashdisk untuk dijadikan souvenir perusahaan, Anda bisa berkunjung ke Gifterindo. Berbagai jenis souvenir perusahaan dapat Anda temukan di Gifterindo. Selain flashdisk, Anda juga bisa memesan powerbank, pulpen promosi, tumbler, gift sets, desk clock, multi tools, dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu bingung memilih souvenir karena Gifterindo menyediakan banyak pilihan.

Tunggu apalagi segera pesan kebutuhan souvenir perusahaan Anda hanya di Gifterindo. Informasi dan pemesanan dapat dilakukan di sini.